Social Media For Social Good Makassar

22 Mar

IMG_7420

Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat mengadakan Workshop Social Media for Social Good, yang dikaitkan dengan isu-isu lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Tree Makassar, pada Sabtu-Minggu (21-22/03/2015).

Social Media for Social Good adalah program kerja Kedutaan Besar Amerika Serikat yang dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia yaitu Jambi, Makassar, Bangka, Samarinda, Kupang dan Ternate. Sejauh ini, kegiatan tersebut sudah terlaksana di dua kota yaitu Jambi dan di Makassar.

Pada hari pertama, workshop mengangkat tema pemanfaatan media sosial sebagai media kampanye lingkungan.  “Media sosial bisa menjadi sumber informasi bagi masyarakat khususnya komunitas seperti komunitas lingkungan untuk mengkampanyekan kegiatannya ataupun sebagai sumber edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan,” ujar Mansyur Rahim, Penggiat Sosial Media sekaligus pembicara dalam workshop hari pertama.

Di hari kedua, workshop mengankat tema tentang pengelolaan limbah serta daur ulang sampah. Materi pertama dibawakan oleh Muh.Subhan Anugrah selaku ketua KOPHI SulSel yang membahas mengenai pengelolaan limbah secara umum, kemudian Bapak Muhammad Safri dari PT. Mars Food Indonesia mengenai bagaimana PT.Mars Food Indonesia mengelola Limbah mereka, serta kak Gita Syahrani dari Kreasi Daur Ulang Indonesia yang membahas mengenai pemanfaatan limbah menjadi kreasi yang memiliki nilai jual.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 60 peserta yang sebelumnya telah melewati tahap seleksi. Hadir juga perwakilan dari pusat pengelolaan ekoregion Sulawesi & Maluku, BLHD Kota Makassar, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Makassar serta Carolina Escalera dari US EMBASSY.

Dari kegiatan ini kami berharap agar kedepannya media sosial tidak hanya digunakan sebagai wadah untuk “curhat”, namun juga dimanfaatkan sebagai wadah untuk kampanye terkait isu-isu lingkungan disekitar kita. Melihat Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna media sosial terbanyak, maka jelas bahwa kampanye melalui media sosial akan benar-benar sangat efektif.

 

 

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: