KOPHI QUICK SOLUTION

24 Feb

Salam,

Kophi Quick Solution adalah salah satu bentuk kepedulian Kophi Sulsel terhadap masyarakat yang memiliki kondisi lingkungan  buruk. Kophi Sulsel mencoba memberikan penanganan cepat dan memberikan solusi teknologi tepat guna dalam menyelesaikan permasalahan yang ada.

Dimulai dengan melakukan survey di beberapa lokasi yang diduga memiliki kondisi lingkungan  buruk. Tim Survey sepakat bahwa lokasi yang dipilih berada di Jl.galangan kapal Rt.3 Kel.Kaluku Bodoa Kec. Tallo. Dengan alasan kurangnya air bersih dan sampah yang menumpuk serta drainase yang buruk.

Di lokasi tersebut, air PDAM sudah 3 bulan mampet, sedangkan warga tetap membayar biaya beban sebesar Rp. 35.000-40.000. Warga sekitar sudah beberapa kali demo, namun pihak PDAM hanya menyuruh untuk bersabar. Entah sampai kapan warga harus bersabar?.

Untuk memenuhi kebutuhan airnya, warga harus membeli dengan harga Rp 5.000 per gerobak, yang digunakan untuk sehari. Selain itu, sebagian warga pun memanfaatkan sumur yang ada, mesikpun tidak berbau air sumur tersebut tidak layak untuk diminum karena keruh.

Permasalahan lain yang ada di lokasi adalah buruknya kondisi drainase. Kondisi drainase tersumbat oleh sampah. Hal ini menyebabkan seringnya terjadi banjir. Menurut warga sekitar, walaupun hujan hanya 1 jam, air langsung menggenangi beberapa titik daerah setempat.

Selain itu, ada sebuah tanah kosong yang menjadi tempat penumpukan sampah. Sampah-sampah tersebut tidak pernah diangkut oleh truk sampah sehingga menumpuk.

Melihat kondisi-kondisi tersebut, Kophi Sulsel melalui Kophi Quick Solution, mengadakan sosialisasi penanganan banjir, pembuatan sistem penamanenan air hujan (SPAH) dan lubang resapan biofori pada hari sabtu dan minggu (22-23/2/2014). Warga menyambut baik aksi Kophi Sulsel ini.

Pembuatan SPAH diharapkan mampu menjadi solusi permasalahan kekurangan air bersih. Jika tidak hujan, maka air sumur pun dapat dimasukan ke SPAH. Kophi Sulsel juga mengajak warga RT 3 untuk gotong royong membersihkan drainase yang tersumbat. Permasalahan drainase ini merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa diselesaikan hanya dengan membersihkan di satu titik tertentu, oleh karena itu Kophi Sulsel berharap timbul kesadaran masyarakat lain untuk menjaga kondisi drainasenya.

Kophi Sulsel mengucapkan terimakasih banyak kepada teman-teman yang telah mengabdikan dirinya untuk masyarakat dan kepada warga Kel.Kaluku Bodoa yang menyambut baik kegiatan ini.

Semoga kegiatan ini tidak hanya sampai disini.

#SALAMLESTARI !

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: