Bersih Itu Murah

29 Dec

Bersih Itu Murah

Anda pasti sudah tidak asing lagi mendengar, atau melihat perusahaan-perusahaan IT yang telah mendunia seperti Apple, Google, dan Microsoft. Apakah kalian tahu apa yang menjadi sumber energi yang menjadi pasokan utama dari perusahaan-perusahaan tersebut?, yapp betul sekali mereka menggunakan Batubara. Seperti yang kita ketahui bahwa batubara merupakan sumber energi terkotor dan penyebab polusi paling utama bagi udara di dunia ini.

Batubara bukan hanya sumber energi yang usang, tetapi PLTU juga adalah penyumbang nomor wahid pemanasan global di AS. Tidak hanya melepaskan beribu ton karbon di atmosfer selama satu tahun, industri batubara juga salah satu hambatan terbesar untuk kebijakan energi terbarukan. Beberapa perusahaan listrik meningkatkan kapasitas PLTU yang ada daripada beralih ke energi bersih terbarukan. Dan untuk melindungi investasi, mereka menghabiskan dana untuk melobi pemerintah demi memastikan batubara memperoleh keuntungan yang kompetitif (Sumber : Majalah Greenpeace edisi 1, 2012)

Realitanya, perusahaan-perusahaan ini merupakan pengguna energi listrik terbesar selain kegiatan pabrik-pabrik industri yang ada di AS. Perusahaan-perusahaan ini merupakan ladang keuntungan yang besar bagi perusahaan listrik di AS, tetapi biaya yang dikenakan oleh perusahaan listrik di AS agak murah bagi kontrak-kontrak besar mereka.

Nama-nama terkenal seperti Apple, Google, dan Microsoft seharusnya menjadi perusahaan yang mengampanyekan sumber energi terbarukan karena sebagian besar, bahkan hampir seluruh dunia menggunakan produk-produk mereka. Kita bisa saja menduga bahwa dengan beralihnya perusahaan-perusahaan IT ini ke energi terbarukan akan mengurangi dampak pemanasan global dunia. Seperti yang sudah dilakukan perusahaan jaringan sosial yang telah mendunia saat ini, sebut saja Facebook.

Mungkin sebagian dari kalian yang membaca artikel ini ada yang sudah tahu berita mengenai Facebook, bahwa perusahaan social network ini telah “berteman” dengan energi terbarukan.

Setelah 20 bulan melakukan mobilisasi, mengajak dan bernegoisasi untuk Facebook yang lebih hijau, raksasa internet tersebut telah mengumumkan tujuannya untuk beroperasi dengan cara yang bersih, energi terbarukan. Lebih dari 700.000 orang dari seluruh penjuru bergabung untuk menciptakan kemenangan ini. Facebook juga berkomitmen untukmengembangkan program bersama Greenpeace, sehingga pengguna Facebook dapat berpartisipasi dalam menghemat energi dan mengajak komunitas mereka dalam kampanye energi bersih kemungkinan untuk memberdayakan dan memobilisasi massa di seluruh dunia untuk meluncurkan sebuah revolusi energi yang mengejutkan (Sumber : Majalah Greenpeace edisi 1, 2012)

Itulah yang menjadi dasar kita untuk mewujudkan slogan bahwa “besih itu murah”, bahwa dengan mengurangi penggunaan energi batubara,kita bisa menghemat biaya polusi yang dihasilkan dari batubara tersebut. Dengan mengampanyekan energi terbarukan kita akan semakin dekat dengan udara yang tak berpolusi, dan dampak pemanasan global akan berkurang, sehingga keadaan perubahan iklim di dunia dapat diketahui perubahannya. *Wallahu alam bisshawab

Created by : Uhwan Subhan (@wancuba25)

Advertisements

Tinggalkan komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: